Friday, November 23, 2007

analisis label rembulan(new edition)

REMBULAN Ekspresionis a. elemen utama berupa gambar matahari yang seakan-akan terbit dan dibawahnya ada gelombang. Gambar kurang cocok dengan merk capnya. Mungkin produsen ini ingin menggambarkan labelnya dengan gambar bulan agar sesuai dengan merk capnya, akan tetapi gambar tersebut lebih menyerupai matahari. b. Elemen pendukung berupa ornamen tulisan rembulan disetiap sisi dan disudut atas kiri dan kanan maupun sudut bawah diberi ornamen bentuk persegi agar terlihat serasi komposisinya. c. Warnaya cenderung monoton namun disini mungkin pada zaman dahulu, cetak berwarna masih cukup mahal sehingga produsen menggunakan dua warna yang sesuai dengan nama merk produknya. Labelnya pun tidak menggunakan kertas seperti biasanya, tetapi menggunakan kertas minyak coklat karena pada waktu itu kertas masih mahal. d. Layoutnya : Asimetris e. Nama rembulan mungkin diambil dri nama tata surya (benda – benda yang ada dilangit) karena produsennya ingin menunjukan kepada konsumennya bahwa kertas rokok seperti ini manis seperti rembulan dimalamhari yang terlihat manis dilangit malam. Impresionis a. Gaya desain : dilihat dari tipografinya, kertas rokok cap rembulan ini mengadopsi gaya desain......... b. Konteks budaya : mendapat mendapat pengaruh budaya jawa indonesia (melayu) terlihat dari nama produsennya dan daerah pembuatannya. Dari tipografinya merupakan turunan buadaya melayu. c. Konteks sosial : dilihat dari label dan desainnya, si produsen ingin meyakinkan konsumen / masyarakat pada waktu itu bahwa produknya layak (terlihat dari kata ”pakailah selalu”) untuk dikonsumsi dan mampu bersaing dengan produk sejenisnya sehingga produsen membutuhkan kerja sama dari para konsumennya demi tercapainya kepuasan dari kedua belah pihak (produsen &konsumen). Mungkin dengan cara si produsen memberikan harga yang pas dengan kantong (uang) konsumennya. Hal ini sebagai atribut yang melekati merk sebagai sebuah klaim diri produsen dan sekaligus sugesti untuk konsumen. Kebutuhan masyarakat pada waktu itu sekitar tahun 90-an seperti dalam masa dimana orang – orang suka merokok tetapi dalam keuangan yang cukup (tidak lebih dan kurang). Secara keseluruhan desain labelnya sederhana, tidak meriah sehingga tidak memusingkan untuk dilihat, hanya sangat disayangkan ekspresi visualnya masih kurang baik.

No comments: