Wednesday, September 26, 2007

Data-data dari perpustakaan

Data ini merupakan pembanding untuk label Lembak Sentel Tjap Pari. Dalam label terdapat gambar 2 padi yang melingkar, sedangkan pada gambar di atas merupakan foto patung dari Dewa Kala. Di atas wajahnya terdapat ukiran yang menyerupai padi. Dewa Kala merupakan Dewa Kesuburan atau kekayaan pada tahun 600 M - 900 M. Berarti hubungannya dengan klembak sentel adalah menggambarkan hubungan antara Dewa Kala dan kesuburan padi di label Klembak Sentel, dengan kata lain menandakan kesuburan produk agar produk ini tetap berjaya.
Gambar diatas merupakan gambar wayang yang berasal dari kebudayan Indian pada saka era, sekitar 7M - 14M. jika kita bandingkan dengan label Kresno, dapat kita simpulkan bahwa wayang yang berasal dari Jawa tengah mendapat pegaruh dari kebudayaan indian.
kami mengutip dari buku indonesian heritage halaman 58 mengatakan bahwa, candi merupakan gambaran dari kereligiusan. kami mengkaitkannya dengan label teh narayana yang di tengahnya terdapat gambar candi. mungkin saja pemilik u.d. ramayana memiliki tingkat kereligiusan yang tinggi terhadap kepercayaannya sehingga ia mengambil tokoh cerita Rama dan mengambil gambar candi sebagai penengah tokoh yang ada dalam label teh narayana. selain itu, kami mengambil gambar dari buku tersebut yaitu patung dari gunung panulisan yang memiliki ukiran seperti frame yang ada di label teh Narayana.
selain itu kami mengambil gambar mangkok emas yang berasal dari daerah Jawa tengah sekitar 900M dan didekorasi dari cerita ramayana. gambarnya menceritakan istri Rama , Sita ketika diculik oleh raja raksasa, Rawana. hal ini berkaitan dengan cerita Teh narayana yang mengambil gambar visual dari tokoh cerita ramayana.
dari buku Historic Chinese Architecture halaman 100, kami mengambil lukisan Garden of The Master of Nets yang dilukis oleh Suzhou's Wangshiyuandalam lukisan tersebut di bagian sebelah kanan bawah terdapat gambar stempel cina yang menandakan bahwa lukisan tersebut milik orang yang mengecapkan stempelnya di lukisan tersebut. hal ini berkaitan dengan kemasan jamu pelangsing tubuh empek tong seng yang menampilkan profil dirinya sebagai pemilik dalam bentuk foto. hal ini mungkin sudah menjadi kebiasaan yang terpengaruh dari kebudayaan cina dalam menandakan hal-hal yang menjadi miliknya.
dalam buku The Art of Color and Design hal 135 terdapat gambar cover design for tommorow will come yang digambar oleh E.L. Almedingen. di buku tersenut mengatakan bahwa gambar tersebut menggambarkan bahwa mentari menggambarkan pengharapan. hal ini bersangkutan dengan label cap rembulan, dengan gambar matahari, yang menurut kelompok kami tidak sesuai dengan nama produk, tapi disini kami berusaha menganalisis bahwa gambar matahari bukanlah untuk menggambarkan nama rembulan, melainkan untuk menggambarkan pengharapan akan produk rembulan yang nantinya diharapkan untuk terus berjalan dan tetap laku.

No comments: